Dropshipping adalah model bisnis yang sangat populer bagi pengusaha baru, terutama Gen Z atau Millennials. Karena sobat tidak perlu menyimpan atau menangani barang-barang yang sobat jual. Untuk sobat yang sering bertanya bagaimana cara menghasilkan uang dari bisnis online?

Nah, bisnis ini cocok untuk sobat khususnya yang memiliki modal terbatas. Hanya bermodalkan gadget dan paket internet sobat bisa mengoperasikan bisnis dropship.

Bagaimana model bisnis dropshipping bekerja?

Bisnis dropship adalah bisnis yang di mana sobat menjual produk dari supplier, dan supplier yang akan mengemas dan mengirimkannya ke customer sobat dengan nama toko sobat.

Ini tidak hanya memotong biaya operasional, tetapi juga meluangkan waktu sobat untuk memfokuskan segala upaya sobat pada pelayanan sobat kepada customer. Jika sobat ingin memulai bisnis dengan anggaran terbatas, maka ikuti enam langkah di bawah ini.

 

1. Pilih Niche Sobat

Niche yang sobat pilih harus tepat pada sasaran dan sesuatu yang memang benar-benar sobat sukai. Jika tidak tepat sasaran maka akan sulit dipasarkan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih niche sobat:

Mencari Produk Yang Menarik

Ketika sobat menjalankan bisnis dropship, pasti fokus sobat adalah pemasaran dan melayani customer, sehingga sobat melupakan produk yang dapat menarik customer. Pilihlah produk yang menarik dan berkualitas tinggi. Jadi pastikan sobat tahu betul produk apa yang akan nanti sobat jual.

Pastikan Produk Sobat Memberikan Value Lebih

Ketika sobat berfokus pada mengarahkan traffic ke situs web atau media sosial sobat, pasti sobat ingin memiliki tingkat konversi tertinggi. Produk yang sobat jual harus memberikan value lebih yang dapat memicu customer sobat untuk segera membeli.

Pastikan Orang Mencari Produk Sobat Secara Aktif

Gunakan kata kunci di Google untuk memeriksa beberapa istilah pencarian umum yang terkait dengan niche sobat. Jika tidak maka kemungkinan sobat sudah mati di dalam air bahkan sebelum sobat mulai.

Buat Brand Sobat Sendiri

Bisnis dropship sobat akan memiliki nilai lebih jika sobat dapat membuat brand sobat sendiri. Cari produk yang bisa sobat jual sebagai brand sobat sendiri dengan kemasan dan branding khusus.

 

2. Melakukan Riset

Ingat! sobat akan bersaing dengan banyaknya kompetitor lainnya, seperti pada BukaLapak, Shopee, Tokopedia dan sebagainya. Mungkin sobat sering berpikir bahwa produk yang memiliki sedikit pesaing itu bisa sukses.

Sayangnya tidak. Itu pertanda tidak ada permintaan untuk produk tersebut. Ada banyak alasan mengapa suatu produk mungkin tidak memiliki banyak persaingan, seperti biaya pengiriman yang tinggi, masalah supplier yang sulit dihubungi dan sebagainya.

Cari produk yang memiliki persaingan, karena itu pertanda bahwa ada permintaan yang tinggi.

 

3.  Memilih Supplier Yang Terpercaya

Bekerjasama dengan supplier yang salah dapat merusak bisnis sobat, jadi penting bagi sobat untuk tidak mempercepat langkah ini.

Lakukan riset dengan tepat. Sebagian masalah terbesar dengan supplier adalah sulitnya komunikasi, maka dari itu komunikasi sangat penting, baik dalam hal kecepatan respon maupun kemampuan untuk saling memahami.

Jika sobat tidak 100 persen percaya diri dengan kemampuan komunikasi supplier sobat, maka lanjutkan pencarian supplier yang lain.

Bagaimana cara memilih supplier yang terpercaya?

  • Pertama, cari yang berpengalaman
  • Kedua, bisa diajak bekerjasama dan bertanggung jawab
  • Ketiga, tidak mengenakan pre-order yang besar
  • Keempat, pengiriman yang cepat
  • Kelima, selalu menjaga kualitas produk

Pastikan untuk mengajukan banyak pertanyaan dan pelajari kemampuan produksi supplier yang nantinya sobat pilih.

 

4. Bangun Toko Online Sobat

Cara tercepat untuk mempromosikan produk sobat adalah dengan menggunakan platform marketplace seperti BukaLapak, Shopee, Tokopedia dan sebagainya. Selain itu sobat bisa menggunakan sosial media untuk memasarkan produk sobat seperti Instagram atau Facebook Page.

Banyak cara jualan di sosial media yang bisa sobat dapatkan melalui blog atau situs website.

Bahkan jika sobat memiliki anggaran yang cukup besar, sobat bisa menyewa desain web untuk membuat halaman khusus, atau ya buat sendiri saja. Ini adalah langkah awal untuk sobat yang akan memulai bisnis.

 

5. Melayani Customer Sobat

Memiliki produk hebat dan situs web hebat, tetapi tanpa pelanggan yang ingin membeli, sama saja seperti tong kosong nyaring bunyinya.

Ada beberapa cara untuk melayani customer, diantaranya:

  1. Lakukan 5S: salam, sapa, senyum, sopan, santun
  2. Tunggu mereka bertanya, pahami arah pembicaraannya
  3. Tanyakan produk yang ingin di pesan
  4. Lakukan pengecekan stok produk
  5. Tanyakan permintaan khusus jika ada
  6. Lakukan dulu permintaan customer
  7. Jika harga, stok dan desain sudah ada kata sepakat. Mintalah izin untuk mendapatkan data baru kemudian rekap order customer
  8. Ingatkan customer sebanyak 3-4 kali, sampai sobat mendapat kepastian dari customer jadi membeli atau tidak

 

6. Optimalisasi

Jika sobat ingin mempromosikan produk tanpa mengeluarkan banyak biaya, maksimalkan semua platform yang sobat gunakan. Mulai dari sosial media, seperti Facebook, Instagram dan sebagainya. Sobat hanya perlu konsisten dalam posting gambar produk maupun konten.

Rutin dalam beriklan. Rajin mengirim email ke customer sobat. Dan jangan sampai lupa untuk mengoptimalkan kualitas produk dan diri sobat. Perbanyak mengikuti seminar atau komunitas untuk menambah pengetahuan sobat tentang bisnis yang sobat jalani, Seperti komunitassukses.com ini

selamat berjuang!

 

Salam sukses senantiasa :)

Sahabat @Wanandi Go