1. NAMA

Ya, kalau mau memulai bisnis yang harus ditentukan dulu adalah nama bisnis sobat apa. Buat nama yang sesimple mungkin agar orang-orang mudah mengingat nama bisnis atau brand sobat. Bahkan tidak menutup kemunkinan bisa menjadi trend di khalayak umum.

 

2. LOGO

Logo memang menjadi identitas yang amat penting. Dengan logo orang bisa saja langsung mengetahui bahwa itu adalah bisnis milik sobat, bisa dibilang semacam trademark. Buat logo bisnis Anda sebaik mungkin. Usahakan logo yang dibuat mencerminkan bisnis Anda. Kalau bisnis Anda makanan, terus logo Anda ada gambar gunting kan gak terlalu nyambung. Anda pun dapat melakukan visualisasi terhadap visi Anda atau bisnis Anda pada logo.

 

3. TEMA / NICHE

Tentukan niche, tema, atau jenis bisnis yang jelas, karena itu yang dibutuhkan sobat agar memiliki bisnis yang jelas juga. Memiliki bisnis dengan beragam niche memang bukan hal yang salah, namun alangkah baiknya fokus pada 1 niche dulu agar terlihat serius dan profesional. Dengan fokus kepada niche tertentu, beban pikiran tentu lebih sedikit, sehingga bisnis mudah dikembangkan.

 

4. TARGET YANG JELAS

Ini adalah komponen yang sangat penting. Tanyakan kepada diri Anda : "Apa target dan tujuan saya dalam membuat bisnis ini ?" 

Target ini harus jelas, karena target membantu Anda untuk fokus dan nantinya semua progress yang yang ingin dicapai akan jelas pula.

 

5. POSISI MARKET

Target market haruslah jelas. Jika ingin memulai bisnis harus dipikir terlebih dulu target market bisnis sobat siapa saja? Apa orang tua? Ibu-ibu? Anak muda milenial? Usahakan tidak menganggap "semua bisa beli produk saya". Memang kita tidak bisa membatasi pembeli kita, namun dengan generalisir ini akan menyulitkan sobat sukses ketika melakukan pemasaran nantinya. Karena dijamin tidak fokus terhadap yang sebetulnya potential market, alhasil budget marketing bisa saja membengkak. Untuk melihat posisi market, sobat sukses bisa berangkat dari niche dari bisnis Anda.

 

6. PEMBUKUAN

Yang terakhir yang harus sobat sukses miliki adalah pembukuan. Ini berguna agar pengeluaran dan pemasukan bisa terkontrol dengan baik dan sobat sukses dapat mengetahui seberapa besar perkembangan bisnis sobat. Jangan tunggu bisnis besar baru lakukan pembukuan. Langsung mulai dari sekarang. Sekalipun belum sempurna, jadikan sebagai latihan, karena semakin besar bisnis Anda nanti pembukuan pun akan semakin ribet. 

 

Salam Sukses Senantiasa :)

salam @Wanandi Go