1. Memahami Apa itu Bisnis Online

Apa itu bisnis online?

Bisnis online adalah sebuah kegiatan bisnis yang dilakukan secara online atau melalui internet. mulai dari menyediakan, memasarkan hingga menjual produk atau jasa secara online, dan jenis bisnis lainnya. Sobat juga tidak perlu menyewa toko maupun kantor untuk menjalankan bisnis ini. Artinya, semua orang bisa saja memulai bisnis online.

 

2. Menanamkan Mindset Bahwa sobat adalah Seorang Pebisnis

Mungkin sobat bosan mendengar kata “mindset” ketika membaca sebuah artikel, mengikuti seminar atau menonton video. Kenapa mindset seringkali dibahas?

Karena mindset merupakan kunci dari segala aktivitas dan cara pandang yang akan kita lakukan, terutama dalam berbisnis. Seringkali sobat lupa bahwa sobat adalah seorang pebisnis.

Alangkah baiknya, mulai sekarang tanamkan pada diri sobat sendiri bahwa dalam menjalankan bisnis perlu kesabaran, ketekunan, pengorbanan, fokus, dan rasa tidak nyaman. Oleh karena itu, biasakan diri sobat untuk melakukan hal-hal yang tidak nyaman. Dengan begitu, proses pembelajaran akan berlangsung secara otomatis. Meskipun pada awal memulai sobat akan mengalami banyak kebingungan dan ketidaknyamanan, tapi itu tandanya sobat sedang belajar.

 

3. Tentukan Apa yang Ingin sobat Jual

Sebelum sobat benar-benar mulai berjualan, sobat harus terlebih dahulu menentukan apa yang ingin sobat jual. Pikirkan mulai sekarang, apa yang sedang happening, produk apa yang memiliki banyak peminat, produk apa yang menguntungkan, dan sebagainya. Lantas, bagaimana cara menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan pembeli?

Sangat disarankan untuk melakukan riset, seperti riset dengan online shop yang besar, di marketplace atau menggunakan bantuan tools seperti Google Keyword Planner, bahkan menggunakan toko offline sekalipun. Mengenai jenis produknya, bisa berbentuk produk fisik, jasa, maupun digital.

 

4. Pilih Platform yang Tepat untuk Bisnis sobat

Dalam menjalankan bisnis online sobat akan dihadapkan dengan banyak pilihan platform atau media pemasaran. Mulai dari Instagram, Facebook, Website/Blog, Marketplace, dan sebagainya. Pilihlah sesuai kebutuhan sobat. Misalnya, target market sobat lebih condong kepada anak milenial, sobat bisa menggunakan Instagram. Atau menggunakan marketplace untuk menjangkau target market yang lebih luas.

Sobat bisa menggunakan lebih dari 1 platform. Misalkan, sobat berjualan di Instagram, lalu sobat mengarahkan followers sobat ke halaman website jika mereka ingin membeli produk maupun jasa sobat. Namun, jika sobat adalah seorang pemula, sangat disarankan untuk fokus pada 1 platform saja, dan maksimalkan sebaik mungkin.

 

5. Mulai Memasarkan

Setelah 4 cara sudah sobat lakukan, selanjutnya sobat bisa mulai memasarkan produk maupun jasa sobat. Bisa dengan membuat konten, iklan, artikel, video, dan sebagainya.

Apakah cara ini efektif? Tentu saja.

Misalnya, sobat mengunggah konten yang sedang viral, dan banyak komentar yang masuk di Instagram sobat, semakin banyak komentar dan likes yang sobat dapat, engagement sobat pun semakin tinggi, dan memungkinkan akun sobat menjadi terkenal.

Lantas, kalau sudah terkenal, apa pengaruhnya? Jika akun sobat terkenal, akan banyak followers baru yang mengikuti akun sobat, bahkan jika mereka tertarik, mereka tidak segan-segan untuk membeli produk sobat.